Jika Anda ingin cetak buku tahunan murah dalam jumlah besar atau kecil, sebenarnya lebih baik mana? Apakah lebih baik cetak di offset printing atau digital printing? Sebelum memutuskan, mana yang lebih untung, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

  • Jumlah cetak

Jika Anda melakukan pemesanan cetak buku di offset printing, ada jumlah tertentu yang perlu disetujui untuk kalkulasi dana dengan lebih jelas. Namun umumnya, untuk jumlah cetak satuan, akan lebih terjangkau apabila dilakukan di digital printing.

  • Sistem cetak 

Sistem cetak untuk offset printing umumnya menggunakan plat film yang hanya bisa mencetak satu file dalam satu waktu. Dengan sistem offset printing, apabila Anda ingin mencetak beberapa judul sekaligus, harus menyelesaikan satu judul buku kemudian mengganti judul lain secara bergilir. Namun hal itu tidak berlaku untuk percetakan digital. Dengan teknologi komputerisasi, beberapa file yang berbeda bisa dicetak secara bersamaan dan apabila di waktu tertentu saat sedang mencetak sebuah judul, bisa digantikan sementara dengan judul lain.

  • Kualitas tinta

Secara umum, cetak buku tahunan murah dengan teknologi offset akan lebih tahan lama hasilnya dibandingkan digital printing. Hal ini karena kualitas tinta yang berbeda. Umumnya tinta mesin offset menggunakan tinta cair, sedangkan tinta mesin digital printing menggunakan tinta serbuk.

  • Bidang cetak motif

Untuk bidang cetak motif, baik dengan sistem digital maupun offset, bidang cetak motif tersebut dapat dipenuhi dengan baik. Hanya saja tingkat keakuratan tinta, apabila Anda membutuhkan tinta cetak emas, perak, dan gradasi, hasil dari offset akan terlihat lebih tajam. 

  • Perbedaan harga 

Untuk percetakan digital, harga cetak buku bisa dikalkulasikan per satuan. Meski percetakan offset juga bisa mencetak satuan, tetapi harga yang dibayar tentu akan terasa lebih mahal. 

Dari beberapa perbedaan diatas, apabila Anda ingin cetak buku tahunan murah, bulletin, majalah atau cetak produk lainnya pertimbangkan lama waktu pengerjaan produk yang dijanjikan perusahan jasa. Selain itu, perhatikan juga kalkulasi dana yang perlu dikeluarkan untuk sekali proses cetak buku dalam jumlah tertentu.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.