Cinderamata pernikahan merupakan simbol ucapan terimakasih sekaligus bentuk apresiasi untuk tamu yang hadir di pesta pernikahan. Faktanya memilih souvenir adalah hal yang gampang-gampang susah. 

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk dapat menentukan souvenir yang sesuai dengan keinginan sekaligus dapat memberikan manfaat bagi penerimanya. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dipertimbangkan untuk memilih souvenir pernikahan.

Jumlah

Menentukan jumlah cinderamata pernikahan kadang bukan menjadi hal yang mudah. Untuk mendapatkan jumlah yang ideal, pastikan Anda memesan sedikit lebih banyak dari jumlah tamu undangan. Hal ini bertujuan untuk menghindari kurangnya souvenir karena hilang, rusak, atau faktor lainnya. Prinsipnya, lebih baik Anda memiliki sisa daripada kurang sehingga semua tamu undangan yang hadir dapat dipastikan menerima souvenir tersebut.

Biaya

Perkirakan jumlah biaya yang dialokasikan untuk pembelian souvenir. Jumlah anggaran yang dialokasikan untuk souvenir dibagi dengan jumlah souvenir yang dipesan memungkinkan Anda mengetahui harga cinderamata pernikahan secara satuan.

Mencari Referensi

Jika Anda sudah mendapatkan gambaran mengenai harga yang sesuai dengan budget Anda, cari referensi tempat-tempat penjualan souvenir pernikahan. Bila perlu Anda dapat bertanya kepada teman atau saudara yang sudah menikah untuk mendapatkan referensi tempat pemesanan souvenir yang bagus. Selain itu, tanyakan bagaimana respon dan ketepatan waktu penjual souvenir tersebut ketika menyelesaikan pesanan dan kualitas souvenirnya. Jika ingin mendapatkan harga yang lebih murah, cari informasi lokasi produksi souvenir tersebut.

Souvenir yang Bermanfaat atau Untuk Hiasan

Banyaknya pilihan souvenir yang tersedia tentu akan membuat Anda bingung. Usahakan untuk memilih souvenir yang bermanfaat bagi tamu, namun tetap mempertimbangkan harganya. Tidak sedikit pengantin yang memberikan hadiah bermanfaat namun kualitasnya mengecewakan karena harganya murah seperti alat manicure atau notes. Jika kualitasnya kurang bagus, barang tersebut nantinya juga hanya akan bermanfaat sebentar dan kemudian dibuang sehingga justru akan menambah sampah.

Jika memang terbentur oleh harga, lebih baik memilih souvenir dengan desain cantik atau unik sehingga dapat dipajang sebagai hiasan meja atau rak. Pastikan model atau desain souvenir tersebut cocok untuk wanita maupun pria.

Kemasan Menarik

Souvenir akan terlihat semakin cantik jika dibungkus dan dihias dengan pita. Kemasan tersebut menunjukkan Anda menghormati tamu tersebut. Wadah dan pita dapat menggunakan warna sesuai dengan tema pesta, kemudian ditambah kartu ucapan terimakasih.

Inisial Nama Kecil

Ketika memesan cinderamata pernikahan unik, usahakan untuk tidak memajang foto pengantin atau inisial nama pengantin yang terlalu besar pada souvenir tersebut. Untuk inisial, Anda dapat menulisnya di sudut souvenir dengan bentuk dan ukuran kecil. Atau jika ingin memberikan foto pengantin, sematkan foto tersebut sebagai kartu ucapan terimakasih.

Demikian beberapa tips memilih cinderamata pernikahan. Semoga tips di atas dapat membantu Anda lebih mudah memilih cinderamata terbaik untuk momen berharga Anda.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.