Saat ini, bimbel telah menjadi pertolongan pertama bagi anak-anak untuk meningkatkan prestasi akademiknya. Sejalan dengan perkembangan teknologi, saat ini bimbel pun tersedia dengan pilihan online ataupun offline. Untuk info selengkapnya bisa Anda simak dalam artikel berikut agar anda dapat menentukan bimbel online terbaik ataupun offline.

Bimbel Online

Bimbel online adalah sebuah tempat untuk melakukan les atau pembelajaran secara kursus yang biasanya dilakukan via daring atau melalui aplikasi yang sudah disediakan oleh tempat bimbel tersebut. Saat ini sudah banyak bermunculan bimbel online yang mengklaim sebagai tempat bimbel terbaik dengan memberikan pelayanan yang tidak jauh berbeda dengan bimbel offline.

Bimbel Offline

Bimbel offline adalah sebuah tempat yang menyediakan layanan pembelajaran tambahan diluar jam sekolah secara langsung atau tatap muka. Berbeda dengan bimbel online, bimbel offline akan memungkinkan para siswa untuk berinteraksi secara langsung dengan pengajar di tempat yang nyaman dengan fasilitas yang memadai, sehingga diharapkan anak bisa lebih fokus dan mudah menyerap materi yang disampaikan oleh pengajar.

Perbedaan Bimbel Online dengan Bimbel Offline

Berikut adalah beberapa perbedaan antara bimbel online dengan bimbel offline :

  1. Lokasi

Perbedaan yang pertama adalah lokasi dilakukannya bimbel atau pembelajaran. Pada bimbel offline, tentunya anak akan diharuskan untuk berangkat ke tempat bimbel. Sedangkan bimbel online menghadirkan cara yang lebih mudah untuk dijangkau, yaitu cukup hanya menggunakan laptop dengan jaringan internet saja anak sudah bisa melakukan bimbingan online, dimanapun dan kapanpun.

  1. Waktu

Jika mengikuti bimbel offline, maka waktu dilangsungkannya pembelajaran akan menyesuaikan dengan jadwal tempat bimbel dengan durasi waktu yang terbatas juga. Sedangkan bimbel online bisa diakses kapan saja dan dimana saja selama anak memiliki jaringan internet yang bisa digunakan. Durasi untuk pembelajaran pun bisa lebih lama tergantung dengan keinginan dan kemampuan anak.

  1. Biaya

Saat ini, biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan bimbel online masih terbilang cukup murah, apalagi jika Anda menggunakan fitur berlangganan yang bisa memangkas biaya layanan. Sedangkan bimbel offline dibanderol dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan bimbel online. Hal tersebut bisa terjadi karena bimbel offline menyediakan berbagai macam fasilitas untuk mendukung pembelajaran. 

  1. Lingkup Siswa

Perbedaan selanjutnya adalah lingkup siswa yang mampu dijangkau. Untuk bimbel offline lingkup siswanya akan dibatasi dan hanya terbatas pada lingkungan tertentu saja. Sedangkan bimbel online akan bisa menjangkau lebih banyak siswa dengan lingkup wilayah yang semakin luas karena hanya memerlukan gadget dengan jaringan internet saja.

  1. Interaksi Sosial

Dalam bimbel offline, interaksi sosial akan terasah karena siswa mampu berinteraksi secara langsung dengan pengajar ataupun dengan siswa lainnya. Sedangkan bimbel online akan membuat interaksi sosial menjadi lebih sedikit karena siswa dan pengajar tidak berada dalam satu lingkungan yang sama dan hanya terhubung melalui jaringan internet saja.

Itulah perbedaan mengenai bimbel online dengan bimbel offline. Untuk mencari bimbel terbaik, pastinya kembali lagi kepada kebutuhan anak dan sumber daya yang dimiliki oleh orang tua. Pada dasarnya semua bimbel itu akan memberikan dampak positifnya masing-masing, baik itu bimbel online maupun offline. 

Anda sebagai orang tua bisa mempertimbangkan kembali mengenai tempat bimbel yang sekiranya cocok dengan kebutuhan sang anak. Semoga membantu.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.