Frekuensi penggunaan pipa besi SCH 40 cukup tinggi. Sehingga tak jarang yang menawarkan versi murahnya dengan kualitas yang lebih rendah dari biasanya. Namun hal ini akan sangat berbahaya, karena tingkat kekuatannya juga akan berkurang. Agar tak salah beli maka berikut ini tips memilihnya.

Pipa Besi SCH 40

SCH adalah singkatan dari schedule, yakni parameter yang digunakan untuk menentukan tingkat ketebalan dinding pipa, bukan menunjukkan ukuran tingkat ketebalan pipanya, yaitu ukuran rasio design pressure untuk tegangan yang diijinkan pada suatu pipa. Standar pada pipa sch 40 adalah mampu menahan pressure maksimal hingga 40 barg. Sedangkan ukuran ketebalannya bervariasi yaitu 1,73 mm untuk pipa besi SCH 40 1/8 inci hingga 19,05 mm untuk pipa besi SCH 40 36 inci. Kalau tingkat kekerasan atau hardness dari pipa besi sch 40 adalah 16,1 skala Rockwell. Sehingga kekuatan luluh atau yield strength nya adalah 423 MPa, dan ultimate strength nya 470 MPa serta modulus elastisitas nya 225 GPa. Ukuran pipa besi sch 40 tersedia mulai dari 1/8 inch hingga 36 inch dengan tingkat ketebalan yang bervariasi tergantung diameternya. Bahannya ada dua jenis, yaitu pipa Besi Sch 40 Carbon Steel dan pipa Besi Sch 40 stainless steel yang selain dicampur carbon juga kromium, nikel, dan bahan anti karat lainnya. Seamless adalah tanpa pengelasan.

Tips Memilih Pipa Besi SCH 40

Agar tidak salah beli maka pilih yang standar ASME, berikut tipsnya.

Cek Harganya

Jangan tergiur pada penawaran harga murah. Harga pipa besi schedule 40 standar ASME memang harganya lebih mahal dari harga pipa baja biasa. Jadi jangan ambil pipa besi sch 40 yang ditawarkan dengan harga yang murah jauh di bawah harga standar nya karena pasti bukan pipa schedule ASME, namun hanya pipa baja biasa.

Cek Thickness nya

Ketebalan pipa harus sama persis dengan yang tertera pada tabel standar ASME B36.10 atau B36.19, untuk pipa SS. Pergunakan alat ukur sketmat digital guna mengetahui angka nya secara tepat. Pipa 6 inch sch 40 pada tabel standar ASME B36.10 tingkat ketebalannya ialah 7,11 mm. Jadi apabila kurang dari itu maka itu jelas bukan pipa schedule.

Cek Visual nya

Pipa CS atau SS memiliki dua tipe yakni seamless serta welded. Perhatikan tampilan permukaan pipa seamless, terutama yang ada di bagian insiden.

Minta mild certificate nya

Tiap produk untuk pipa bertekanan standar ASME maka ada sertifikat nya sebagai bukti bahwa produk tersebut telah lolos proses inspeksi dan juga uji material. Cocokkanlah dengan nomor stamp yang ada pada permukaan pipanya, secara satu persatu. Apabila ada yang berbeda atau justru tidak ada stamp numbernya maka dapat dipertanyakan keasliannya.

Itulah tips yang perlu diperhatikan ketika hendak membeli pipa besi SCH 40.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.