Dalam berbagai produk arsitektural maupun konstruksi sipil, kita sering menggunakan plat strip besi. Plat besi jenis ini banyak ditemukan pada tempat jual plat strip besi. Lalu, apa saja kegunaan dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari, simak penjelasannya berikut ini.

Kegunaan Plat Strip Besi

  1. Digunakan untuk membuat jari-jari pagar atau rangka teralis.
  2. Biasa digunakan pada lapisan bawah lantai rumah untuk memperkuat bangunan rumah.
  3. Dapat digunakan untuk membuat gerbang atau pintu garasi rumah.
  4. Menjadi salah satu material bahan bangunan.
  5. Dapat digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai alat rumah tangga.
  6. Digunakan sebagai bahan material alat-alat transportasi seperti pick up, karoseri mobil, truk, dan bus.
  7. Digunakan untuk memelihara berbagai jenis mesin.

Aplikasi Plat Strip Besi

Ukuran plat strip besi cukup bervariatif. Masing-masing ukuran dapat diaplikasikan pada berbagai kebutuhan bangunan. Berikut ini beberapa aplikasi penggunaan plat strip besi yang sering dijumpai.

  1. Sebagai bahan pembuatan pintu

Selain kayu, pintu rumah juga dapat dibuat menggunakan plat strip besi. Sifatnya yang ringan dan mudah dibentuk, sangat cocok digunakan untuk membentuk pintu rumah. Selain itu, plat strip besi juga dapat diaplikasikan sebagai bahan pembuatan pagar atau pintu garasi, sesuai dengan tebal plat strip besi yang diinginkan.

  1. Sebagai pemenuh kebutuhan alat transportasi

Plat strip besi yang banyak kita temukan pada toko yang jual plat strip besi ini ternyata banyak dimanfaatkan pada beberapa alat transportasi. Misalnya, pada bus atau kendaraan pengangkut, seperti pick up.

  1. Sebagai bahan pembangunan rumah dua lantai

Meskipun sifatnya ringan, namun plat strip besi ini biasa digunakan pada konstruksi rumah dua lantai. Dengan menggunakan plat besi jenis ini bangunan akan lebih kuat hingga dua kali lipat, sehingga mampu menahan beban yang ada di atasnya. Jadi, jika ingin menggunakannya untuk membuat lantai dua rumah Anda, Anda tidak perlu khawatir jika akan meletakkan beberapa barang berat di atasnya.

Nah, itu tadi beberapa kegunaan dan aplikasi plat strip besi dalam kehidupan sehari-hari. Harga plat strip besi 3 mm, 4mm, dan seterusnya sangat bervariatif, bergantung pada tempat jual plat strip besi tersebut. Pastikan selain mengecek harga, Anda juga memperhatikan kualitas plat strip besi itu.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.