Apa itu tripleks? Banyak yang jual triplek, dan siapa yang tidak kenal material tripleks ? Tripleks secara harfiah berarti papan berlapis tiga. Namun di masyarakat, material ini dipahami tidak hanya papan yang berlapis tiga. Ada 7 jenis papan lainnya yang disebut juga sebagai tripleks, yaitu medium density fiberboard atau MDF, teakblock, blockboard atau tripleks Meranti, melaminto, particle block, multipleks dan plywood WPC (wood plastic composite). 

Lalu apa saja kegunaan material tripleks ? Tripleks dengan spesifikasi dan jenisnya tertentu, banyak digunakan di bidang konstruksi sipil (misalnya untuk bekisting kolom dan pelat lantai), arsitektur (misalnya untuk daun pintu) dan interior (misalnya untuk furniture meja, lemari, rak dan lain sebagainya). 

Tripleks Bekas dan Jual Tripleks Bekas

Sebuah benda pada hakekatnya juga memiliki umur atau masa manfaat. Misalnya penggunaan material tripleks untuk lemari. Pemanfaatan lemari ( yang terbuat dari tripleks) di sebuah rumah, misalnya hanya dalam jangka 5 tahun. Sang pemilik rumah ingin mengganti lemari lama dengan yang baru. Nah, dengan dibongkar atau ‘dibuang’nya lemari lama, kita menemui prinsip daur ulang. Lemari lama tidak menjadi benda yang tidak ada nilai lagi. Tetapi, dengan dibongkar secara apik, lembaran-lembaran tripleks yang merangkai bentuk lemari tadi dapat didaur ulang atau dapat dijual kembali sebagai lembaran dengan istilah tripleks bekas. 

Disini kita melihat adanya sebuah peluang bisnis untuk jual tripleks bekas. Ini bukan sebuah peluang bisnis yang tanpa konsumen yang potensial. Banyak juga orang yang memanfaatkan tripleks bekas untuk diolah menjadi benda baru, misalnya membuat rak, lemari tempat vas bunga, nomor rumah, dan masih banyak lainnya. 

Serba-serbi Jual Tripleks Bekas 

Tripleks bekas biasanya dijual dengan secara per kilo. Untuk kenyamanan dan memudahkan penyimpanan dan display tripleks bekas maka dibutuhkan area yang cukup luas. Aneka tripleks bekas dikelompokkan berdasarkan jenis dan ukurannya, agar konsumen dapat memilih dengan leluasa dan terarah. Ada kelompok tripleks berukuran 3mm, 6 mm, 9 mm, dan lainnya, dan misalnya ada kelompok tripleks dengan ukuran yang masih utuh 2440 mm x 1120 mm, dan ada juga kelompok tripleks yang sudah berupa potongan-potongan. 

Untuk mendapatkan pasokan akan tripleks bekas, kita dapat bekerja sama dengan berbagai pihak, misalnya dengan workshop furniture. Sebagai pembuat furniture, kadang kala mereka dapat menerima reparasi dan pembongkaran karena pemilik furniture ingin mengganti dengan yang baru. Dapat juga dengan memasang iklan- iklan di beberapa media cetak atau media sosial tentang kesediaan untuk membeli tripleks bekas.  Sedangkan untuk jual tripleks bekas dapat bekerja sama dengan kelompok pengrajin yang membuat karya baru atau karya seni yang dijual kembali dari tripleks bekas.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.