Jika sedang membahas mesin espresso astoria, tentu pasti sudah tahu jika mesin ini telah dipercaya banyak orang. Bahkan jika anda adalah orang yang suka pergi ke kafe dan meminum kopi, mesin ini dikatakan sebagai salah satu pencetus kopi yang lezat itu.

Cara Menggunakan Mesin Espresso Astoria

Tapi sayangnya tidak semua orang bisa langsung menggunakan mesin espresso astoria. Bagi anda yang mau mencobanya, berikut ada beberapa ulasan yang mudah untuk dilakukan,

  1. Membersihkan dahulu Portafilter

Sebelum anda memulai menggunakan mesin ini, ada baiknya untuk membersihkan portafilter dahulu. Hal imi karena jika portafilternya bersih, hasil kopi yang dibuat pun tidak akan membuat pelanggan rugi mencoba.

Portafilter sendiri biasanya menjadi salah satu komponen yang membantu mengalirkan air ke ground coffee dengan cepat. 

  1. Mengetahui Takaran Espresso

Jika bagian utama mesin sudah dibersihkan, anda barulah dapat fokus ke takaran kopi. Pastikan jika takaran kopi espresso yang disajikan sudah sesuai dengan permintaan pembeli.

Pada mesin espresso astoria ini, takaran kopi bisa disebut sebagai dose. Pada dasarnya dose untuk membuat kopi berbeda-beda, tergantung dengan bubuk kopi yang dipakai.

  1. Melakukan Distribute Espresso

Jika sudah memasukan bubuk kopi dan air, biasanya akan ada bubuk yang tidak menyebar secara keseluruhan. Nah, dengan distribute espresso ini, bubuk kopi tersebut visa dengan mudah larut di air.

Air yang digunakan bisa disesuaikan dengan keinginan pembeli, tapi anda bisa menggunakan air panas maupun dingin. Jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan kecepatan dan tekanan saat menggunakan mesinnya

  1. Lakukan Tamping Espresso

Tamping Espresso sendiri adalah hal yang bisa memudahkan anda untuk mengetahui seberapa banyak tekanan yang dilakukan. Biasanya Tamping espresso ini dilakukan supaya bisa memudahkan saat melarutkan bubuk kopi ke portafilter.

Jika tekanan akan semakin kuat, air seduhan yang digunakan bergerak lebih lambat, jadi bubuk kopi yang berada di cup dapat lebih padat. Tapi jika tekanan rendah, air seduhan dapat mengalir cepat.

  1. Mengekstraksi Kopi

Tahap terakhir adalah ekstraksi kopi. Ekstraksi kopi ini dilakukan berdasarkan dengan takaran kopi pada mesin espresso astoria yang sudah ditentukan. Misalnya jika 30 detik, maka dapat menggunakan sekitar 36 gram kopi espresso.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.