Generator set atau genset merupakan mesin yang biasa digunakan ketika listrik padam atau saat mengalami black out. Selain untuk keperluan rumah tangga, mesin genset juga digunakan oleh pemilik usaha bisnis maupun industri, berikut adalah jenis-jenis genset berdasarkan bahan bakar yang ada di tempat jual mesin genset.

Genset bahan bakar diesel

Mesin genset jenis ini paling banyak digunakan dan merupakan jenis genset yang paling sering dijual. Bahan bakar genset ini tentu saja menggunakan diesel. Mesin genset berbahan bakar diesel umumnya menghasilkan energi sebesar 5000 watt atau 5kw hingga 2.000.000 watt. Genset ini memiliki 2 hingga 16 silinder dan dijual dengan harga yang bervariasi sesuai dengan kapasitas genset.

Genset bahan bakar bensin

Genset dengan bahan bakar bensin juga banyak digunakan dan dijual untuk keperluan rumah tangga maupun bisnis. Genset dengan bahan bakar bensin umumnya memiliki kapasitas sebesar 1000 watt.

Genset bahan bakar gas

Gas yang biasa digunakan untuk mengoperasikan jenis genset ini adalah LPG (Liquid Petroleum Gas), ada juga yang menggunakan jenis gas CNG (Compressed Natural Gas). Genset jenis ini tidak terlalu banyak dipasarkan karena harga genset berbahan bakar gas harganya cenderung lebih mahal. Namun, kualitas mesin genset ini dapat dikatakan lebih baik daripada genset bahan bakar diesel dan bensin karena genset bahan bakar gas lebih sedikit mengeluarkan emisi.

Genset portable

Genset jenis ini mudah dibawa dan dipindahkan karena memiliki ukuran yang cenderung lebih kecil dan tidak membutuhkan ruangan yang besar untuk penyimpanannya. Genset jenis ini banyak digunakan untuk kegiatan outdoor, seperti rekreasi, camping maupun kebutuhan bisnis kuliner.

Genset turbin

Genset turbin merupakan jenis mesin genset dengan kapasitas paling besar diantara semua jenis mesin genset, yaitu mencapai 2 juta watt. Karena kapasitasnya yang besar, genset turbin biasanya digunakan di Gedung perkantoran dan rumah sakit.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai jenis genset berdasarkan bahan bakar yang digunakan. Sebelum memutuskan datang ke tempat jual mesin genset, pastikan dulu genset tersebut akan digunakan untuk keperluan apa sehingga dapat memilih genset dengan tepat.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published.